SEJUTA KASIH UNTUK UMMAT

SEJUTA KASIH UNTUK UMMAT

DARI RUKUN WARGA MUSLIM AL-HASANAH

Masjid ini pertama kali didirikan pada tahun 1982. Pada waktu itu semua warga perumahan Canggu permai bersepakat mendirikan tempat ibadah beberapa agama (Hindu, Kristen dan Islam) sebagai fasilitas bagi warganya. Saat itu hanya ada 17 KK yang beragama muslim di perumahan Canggu Permai, kemudian mereka membentuk sebuah perkumpulan yang bernama RWM (Rukun Warga Muslim) Canggu Permai.

Pada awalnya, dibangunlah sebuah mushola dengan ukuruan 10x10 Meter. Karena petumbuhan jamaah semakin banyak, akhirnya mushola tersebut direnovasi menjadi masjid pada tahun 1992-1994 hingga tampak indah seperti sekarang, berukuran luas dan berlantai dua.

“Dana yang diperoleh untuk biaya renovasi merupakan dana dari swadaya masyarakat Canggu Permai. Tentunya dibantu juga dari donatur dan sumbangan-sumbangan dari luar sehingga total dana yang dikeluarkan untuk merenovasi mushola tersebut menjadi masjid sekitar 350 juta”. begitulah pemaparan dari ketua RWM Bapak Moh. Yusri nasution.

Aktifitas untuk menghidupkan masjid di sana sangatlah banyak. ada pengajian rutin (untuk bapak, ibu dan remaja). Ada juga TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) yang kegiatan belajar mengajarnya berlangsung setiap hari. Dan tak ketinggalan pula pengurus masjid Al-hasanah sangat sering melakukan kegiatan sosial seperti halnya donor darah, pengobatan gratis untuk masyarakat yang kurang mampu dan memberikan bantuan kepada panti-panti sosial dan panti asuhan.

Selain itu, kegiatan sosial yang sering dilakukan adalah khitanan massal (sunatan masal) bagi anak-anak kecil yang keluarganya kurang mampu. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan pihak-pihak luar dan sering kali diadakan saat mengambil momentum milad (hari ulang tahun) RWM Al-Hasanah.

Saat terjadi musibah yang melanda daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, pengurus RWM Al-Hasanah mengumpulkan warganya dalam waktu satu hari untuk memberikan sumbangan. dan alhamdulilah dana yang terkumpul saat itu langsung 3,5 juta dan kita salurkan melalui MUI (Majelis Ulama Indonesia).” Semoga saja bermanfaat bagi saudara kita yang tertimpa bencana di sana”, begitulah harapan dari bapak Yusri.

Sejuta kasih untuk ummat terpancar dari aktifitas masjid Al-hasanah. Dengan niat ikhlas yang tulus semoga semakin bertambahlah cahaya kasih, karena sangat banyak di luar sana yang membutuhkan kasih sayang dan pengorbanan kita semua. Remmy

Comments